KD. 4 IMAN KEPADA MALAIKAT

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                         :
Matapelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester         : X/ Genap
Materi Pokok             : beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
Alokasi Waktu            : 4 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.     Kompetensi Inti (KI):
1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab,responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional
3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioraDengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
4
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: efektif,kreatif,produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dansolutif, Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1.4
1.4.     Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.4.1           Menentukan tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.4
2.4 Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4.1            Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt
3.3
3.3 Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt
3.4.1           Menjelaskan makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
3.4.2           Menyebutkan nama-nama Malaikat Allah Swt
3.4.3           Mengidentifikasikan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4
4.4 Mempresentasikan hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada
4.4.1           Memberi contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
4.4.2            Menunjukan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat
C.      Tujuan Pembelajaran :
Melalui model pembelajaran Kajian Nilai Lintas Kelompok (Cross Over Groups Discussion of Value) dengan metodeMake a Match, Silaturahmi Activities,
1.4.2           Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menentukan tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT dengan baik.
2.4.2           Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt
3.4.4           Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menjelaskan makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
3.4.5           Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menyebutkan nama-nama Malaikat Allah Swt
3.4.6           Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu mengidentifikasikan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4.3           Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu memberi contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
4.4.4            Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menunjukan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat
D.     Materi Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama
a.       Menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
b.       Menyebutkan nama-nama Malaikat Allah Swt  beserta tugasnya.
2.      Pertemuan kedua
a.       Menjawab hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah Swt
b.      Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
3.      Pertemuan ketiga
a.       Menyebutkan perbedaan manusia, malaikat dan hewan serta makhluk lain.
b.      Menunjukan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat
4.      Pertemuan keempat
a.       Latihan soal dan ulangan.
B.     Metode Pembelajaran :
1.    Make a Match
2.    Silaturahmi Activities
3.    berpasangan
C.      Media Pembelajaran :
1.      Laptop dan LCD Projector
2.      MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)
3.      Video
4.      Plano
5.      Spidol
6.      Lem
7.      Gambar
8.      Gunting
9.      Bagan
10.  Lembar hasil silaturahmi
D.     Sumber Belajar :
1.      Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
2.      Buku teks pesera didikPAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
3.      Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
4.      Kitab Hadits
5.      Internet(www.youtube.com/...)
E.      Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan Pertama:
NO
Kegiatan  Pembelajaran
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1
2
3
4
5
6
7
8
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan antara tayangan video dengan materi iman kepada malaikat.
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
10 Menit
Kegiatan Inti:
Model Pembelajaran dengan metode
MAKE A MATCH
1
2
3
4
5
6
7
8.
Peserta didik duduk menjadi 2 berpasangan
Peserta didik mengamati guru yang sedang mendemonstrasikan iman kepada malaikat
Peserta didik mengeskplorasi fitur-fitur dalam iman kepada malaikat
Peserta didik menjodohkan kesesuaian nama malaikat dengan tugasnya dengan bimbingan guru
Peserta didik diberi kesempatan untuk curah pendapat dalam membentuk hipotesis / pernyataan/pertanyaan(decision making)
Setiap kelompok memilih satu hipotesa/ pernyataan/ pertanyaan terbaik (action)
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan langkah-langkah yang sesuai dengan masalah yang akan didiskusikan di kelompok masing-masing
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi (depending value)
Kolaborasi
Berfikir kritis
Kreatif
HOTS
Berpikir Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
30 Menit
A.     Kegiatan Penutup
1
2
3
4
Peserta didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil pembelajaran
Peserta didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoabersama-sama
Penutup
Pembinaan Karakter
5  Menit
Pertemuan Kedua:
NO
Kegiatan  Pembelajaran
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1
2
3
4
5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
Literasi
5 Menit
Kegiatan Inti:
Model Pembelajaran “Kajian Nilai Lintas Kelompok”
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Peserta didik duduk menjadi 5 kelompok
Guru menayangkan gambar yang berkaitan dengan malaikat (opinion making)
Setiap kelompok melakukan diskusi untuk menemukan kaitan gambar dengan malaikat-malaikat)(decision making)
Setiap kelompok menentukan dan mempresentasikan kaitan gambar dengan malaikat (action)
Perwakilan kelompok memberikan apresiasi dengan cara membubuhkan tanda bintang diatas karya tersebut. (empat bintang : sangat baik, tiga bintang: baik, dua bintang: cukup baik, satu bintang:kurang).
Karya yang paling banyak mendapatkan tanda bintang dikukuhkan sebagai karya terbaik.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi (depending value)
Guru memberikan penguatan dengan menanamkan nilai-nilai karakter seperti adil, tanggung jawab, kerjasama, nasionalisme
Kolaborasi
Kolaborasi
Komunikasi
Kreatif
Komunikasi
HOTS
Kritik
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
35 Menit
B.     Kegiatan Penutup
1
2
3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
Pembinaan Karakter
5  Menit
Pertemuan Ketiga:
NO
Kegiatan  Pembelajaran
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1
2
3
4
5
6
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  appersepsi:
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
Literasi
5 Menit
Kegiatan Inti:
Evaluasi dan latihan soal
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Peserta didik duduk menjadi 2 berhadapan
Peserta didik melakukan undian untuk memilih pertama yang membaca soal
Perserta didik yang satu membacakan soal pilihan ganda dan yang lainnya menjawab pada lembar jawaban
Lembar jawaban dikoreksi bersama dan berdiskusi antara pembaca soal dan peserta yang menjawab
Bergantian dengan soal jawaban singkat yang berbeda dan peserta yang menjawab soal menulis pada lembar jawaban
Lembar jawaban dikoreksi bersama dan berdiskusi antara pembaca soal dan peserta yang menjawab
Guru mengumpulkan daftar jawaban beserta nilainya dan memasukkan ke dalam buku nilai
Guru memberikan penguatan dengan menanamkan nilai-nilai karakter seperti adil, tanggung jawab, kerjasama, nasionalisme
Kolaborasi
Kolaborasi
Komunikasi
Kreatif
Komunikasi
HOTS
Kritik
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
35 Menit
C.    Kegiatan Penutup
1
2
3
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
Pembinaan Karakter
5  Menit
F.      Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Sikap
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I / Ganjil
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Guru
NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
1
Setiap mau belajar dan sebelum mengakhirinya kita dianjurkan untuk berdo’a
2
Setiap akan memulai aktivitas kita dianjurkan untuk mengucapkan kalimat basmalah.
JUMLAH SKOR
KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...     
Skor maksimal
CATATAN: 
..............................................................................................................................................












Sikap  ( observasi)
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I / Ganjil
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.      Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.      Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
MK
MB
MT
BT
1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.
JUMLAH SKOR
KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...    
Skormaksimal
CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).












Format Penilaian menggunakan panduan observasi
Satuanpendidikan              :   
Tahunpelajaran                  :   
Kelas/Semester                  :    X / Semester I
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
No.
Hari/tgl
Nama Siswa
Kejadian
Butir Sikap
Tindak lanjut
            Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
:
I / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
3.6  Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
Indikator
:
3.6.1 Menyebutkan pengertian iman kepada malaikat-malaikat Allah.
3.6.2 Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang iman kepada Malaikat.
3.6.3 Menjelaskan tugas - tugas malaikat
3.6.4 Mengidentifikasi perilaku beriman kepada malaikat
Teknik Penilaian
:
Lisan.
No.
Indikator
Instrumen
1.
Menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat
Tuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan baik dan benar!
2.
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikta
Jelaskan pengertian iman kepada malaikat dengan baik dan benar!
3.
Menyebutkan nama – nama dan tugas malaikat
Sebutkan nama – nama dan tugas malaikatdengan baik dan benar!
RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang Baik
Tidak Baik
1.
Menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat
2.
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat
3.
Menyubutkan nama – nama dan tugas malaikat
JUMLAH SKOR
KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang Baik
Tidak Baik
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------    
Skor maksimal
Catatan kriteria:
1.     Sangat baik             :Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar.
2.     Baik                          :   Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar, akan tetapi masih ada sedikit kesalahan harokat.
3.     Sedang                     :     Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar, akan tetapi masih adabanyak kesalahan harokat .
4.     Kurangbaik             :     Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat tetapi tidak lengkap.
5.     Tidakbaik                :     Apabilapesertadidiktidakdapatmenuliskan dalil iman kepada malaikat















Keterampilan
Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
Kelas / Semester
:
I / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
4.4  Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
Indikator
:
4.4.1        Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada malaikat
4.4.2        Melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada malaikat
Teknik Penilaian
:
Kinerja
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen
1.
Mendemonstrasikan penulisan dalil tentang iman kepada malaikat
Tuliskan dalil tentang iman kepada malikat dengan benar !
2.
Mendemonstrasikan pengertian iman kepada malaikat
Jelaskan pengertian iman kepada malaikta dengan benar!
RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat baik
Baik
Sedang
Kurang Baik
Tidak Baik
1.
Mendemonstrasikan penulisan dalil tentang iman kepada malaikat
2.
Mendemonstrasikan pengertian iman kepada malaikat
JUMLAH SKOR
KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang Baik
Tidak Baik
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------    
Skor maksimal
Catatan kriteria:
1.      Sangat baik                         :     Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar.
2.      Baik                                      : Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar, akan tetapi masih ada sedikit kesalahan harokat.
3.      Sedang                                 :     Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar, akan tetapi masih adabanyak kesalahan harokat .
4.      Kurang baik                        :     Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat tetapi tidak lengkap.
5.      Tidak baik                           :     Apabilapesertadidiktidakdapatmenuliskan dalil iman kepada malaikat.















Lampiran 5          : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku bisa menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat
2.
Aku bisa menjelaskan pengertian iman kepada malaikat
3.
dst…..
Lampiran 6          : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas / Semester
:
I / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
4.4  Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
Indikator
:
4.4.3        Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada malaikat
4.4.4        Melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada malaikat
Teknik Penilaian
:
Portofolio
Penilai
:
Guru dan Orang tua
No.
Kegiatan
Kriteria
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang Baik
Tidak Baik
1.
Mendemonstrasikan penulisan dalil tentang iman kepada malaikat
2.
Mendemonstrasikan pengertian iman kepada malaikat
3.
Dst ....
JUMLAH SKOR
KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------    
Skor maksimal
Catatan kriteria:
1.      Sangatbaik                          :     Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar.
2.      Baik                                      :  Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar, akan tetapi masih ada sedikit kesalahan harokat.
3.      Sedang                                 :     Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar, akan tetapi masih adabanyak kesalahan harokat .
4.      Kurang baik                        :     Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat tetapi tidak lengkap.
5.      Tidak baik                           :     Apabilapesertadidiktidakdapatmenuliskan dalil iman kepada malaikat.

















GURU PAI










Mengetahui


Kepala SMA Negeri 2 ........
















IMAN KEPADA MALAIKAT ALLOH SWT
QS. An-Nisa (4) : 136
Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (al-Quran) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh” (QS. 4:136)
hadist Nabi antara lain
diriwayatkan oleh Imam Muslim, Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah melalui isteri
Nabi Aisyah r.a. yang menyatakan bahwa Rasul SAW bersabda:
Artinya : “Dari Aisyah berkata : Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda:
"Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan
Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian." (HR.
Muslim)
Diantara tugas-tugas malaikat itu antara lain:
1.       Beribadah kepada Allah dengan bertasbih kepada-Nya siang dan malam tanpa rasa bosan atau terpaksa. (QS. 7:206, QS. 21:19-20, QS. 39:75)
2.       Membawa wahyu kepada para Nabi dan para Rasul. (QS. 2:97, QS. 26:192-195, QS. 53:3-10)
3.       Memohon ampunan bagi orang-orang beriman. (QS. 40:7-9)
4.       Meniup sangkakala. (QS. 39: 68-70)
5.       Mencatat amal perbuatan. (QS. 43:70-80, QS. 50:16-18, QS. 82:10-12)
6.       Mencabut nyawa. (QS. 6:61, QS. 16:32, QS. 32:11)
7.       Memberi salam kepada ahli surga. (QS. 13:23-24, QS. 39:73)
8.       Menyiksa ahli neraka. (QS. 40:49-50, QS. 66:6, QS. 73:30-31)
9.       Memikul ‘arsy. (QS. 40:7, QS. 69:17)
10.    Memberi kabar gembira dan memperkokoh kedudukan kaum mukminin (QS. 8:12, QS. 41:30-32)
11.    Mengerjakan pekerjaan selain yang telah disebutkan di atas. (QS. 37:1-3, QS. 51:1-4, QS. 77:1-6)
Jumlah malaikat
Artinya : “Dari Abdullah berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Pada hari itu neraka jahannam didatangkan, ia mempunyai tujuh puluh ribu tali kekang, setiap tali kekang terdapat tujuh puluh ribu malaikat yang akan menyeretnya." (HR. Muslim)
Hanya sepuluh malaikat yang wajib kita ketahui nama-nama dan tugas-tugasnya sebagaimana berikut:
1.       Malaikat Jibril
Jibril adalah malaikat yang muncul dalam ajaran agama samawi. Dalam ajaran agama samawi, Jibril dianggap sebagai Pemimpin Malaikat dan bertugas menyampaikan wahyu dan mengajarkannya kepada para Nabi dan Rasul. Malaikat Jibril adalah satu dari tiga malaikat yang namanya disebut dalam Al-Qur’an. Nama Malaikat Jibril disebut dua kali dalam Al-Qur’an yaitu pada QS. Baqarah:97-98 dan At-Tahrim:4. Di dalam Al-Qur’an, Jibril memiliki beberapa julukan, seperti Ruh Al-Amin dan Ruh Al-Qudus (Roh Kudus), Ar-Ruh Al-Amin, dan lainnya
Malaikat Jibril adalah malaikat yang menyampaikan berita kelahiran Nabi Isa kepada ibunya Maryam dan juga malaikat yang menyampaikan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam kisah suci perjalanan Isra’ Mi’raj, sesampainya di pos perjalanan Sidratul Muntaha, Malaikat Jibril tidak sanggup lagi mendampingi Rasulullah untuk terus naik menghadap kehadirat Allah SWT; beliau berkata: “Aku sama sekali tidak mampu mendekati Allah, perlu 60.000 tahun lagi aku harus terbang. Itulah jarak antara aku dan Allah yang dapat aku capai. Jika aku terus juga ke atas, aku pasti hancur luluh”. Maha Suci Allah, ternyata Malaikat Mulia Jibril AS pun tidak sampai kepada Allah SWT.
2.       Malaikat Mikail
Malaikat Mikail as adalah termasuk salah satu diantara 4 Malaikat yang menjadi pembesar seluruh Malaikat. Mikail adalah malaikat yang (bertugas) mengatur air, menurunkan hujan/petir, membagikan rezeki pada manusia, tumbuh-tumbuhan juga hewan-hewan dan lain-lain di muka bumi ini.
Disamping bertugas membagi rezeki dan hujan, Malaikat Mikail juga sering mendampingi Malaikat Jibril dalam menjalankan tugas-tugasnya. Diantara tugas yang pernah dilakukan bersama Malaikat Jibril adalah :
  • Ketika Malaikat jibril menjalankan tugas membelah dada Nabi muhammad SAW. Untuk dicuci hatinya karena akan diisi dengan iman, islam, yakin dan sifat hilim. Ketika itu peran Malaikat Mikail tidak kalah penting. Beliaulah yang mengambil air Al-Kautsar (air zam-zam) untuk dijadikan sebagai pencuci hati Nabi Muhammad SAW
  • Saat Nabi Muhammad SAW mendapat kepercayaan untuk melakukan Isra’ dan Mi’raj, Malaikat Mikail besama Jibril ikut mendampingi beliau selama perjalanan.
  • Malaikat Mikail juga bertugas untuk menyampaikan lembaran kepada Malaikat Maut. Dalam lembaran itu tertulis sangat detail nama, tempat, dan sebab-sebab pencabutan nyawa bagi orang yang dimaksud.
3.       Malaikat Izrail
Izrail adalah Malaikat pencabut nyawa dan salah satu dari empat malaikat utama selain Jibril, Mikail, dan Israfil dalam ajaran Islam. Nama Izrail tidak pernah disebut dalam Al-Qur’an. Walau begitu ia selalu disebut dengan Malak al Mawt atau Malaikat Maut yang oleh sebagian kalangan diidentikkan sebagai Izrail.
Malaikat Izrail diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah hingga barat dan timur dapat dijangkau dengan mudah olehnya seperti seseorang yang sedang menghadap sebuah meja makan yang dipenuhi dengan pelbagai makanan yang siap untuk dimakan. Ia juga sanggup membolak-balikkan dunia sebagaimana kemampuan seseorang sanggup membolak-balikkan uang. Sewaktu malaikat Izrail menjalankan tugasnya mencabut nyawa makhluk-makhluk dunia, ia akan turun ke dunia bersama-sama dengan dua kumpulan malaikat yaitu Malaikat Rahmat dan Malaikat ‘Azab. Sedangkan untuk mengetahui dimana seseorang akan menemui ajalnya itu adalah tugas dari Malaikat Arham.
4.       Malaikat Israfil
Malaikat Israfil adalah (malaikat yang bertugas meniup sangkakala) salah satu diantara empat malaikat yang paling mulia di sisi Allah SWT. Ia ditugaskan untuk meniup sebanyak tiga kali tiupan sangkakala pada hari Kiamat. Nama Israfil tidak pernah muncul dalam Al-Qur’an, sebutan/julukan dibuat untuk malaikat yang membawa terompet suci ini, untuk mengidentifikasikan sosok ini: “ Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).(QS. Az-Zumar 39:68)”
Mungkin anda sering bertanya-tanya sebelum kiamat datang, apa yang sekarang di lakukan oleh malaikat Israfil?” Mungkin yang ada di benak kita malaikat Israfil itu seperti sesosok seniman yang asyik mengelap terompet kecilnya sebelum tampil di atas panggung. Sebenarnya seperti apa sih terompetnya atau yang biasa juga dikenal dengan sangkakala malaikat Israfil itu?
Beberapa tahun yang lalu, sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Prof. Frank Steiner dari Universitas Ulm, Jerman melakukan observasi terhadap alam semesta untuk menemukan bentuk sebenarnya dari alam semesta raya ini sebab prediksi yang umum selama ini mengatakan bahwa alam semesta berbentuk bulat bundar atau prediksi lain menyebutkan bentuknya datar saja. Menggunakan sebuah peralatan canggih milik NASA yang bernama “Wilkinson Microwave Anisotropy Prob” (WMAP), mereka mendapatkan sebuah kesimpulan yang sangat mencengangkan, karena menurut hasil penelitian tersebut, alam semesta ini ternyata berbentuk seperti terompet. terompet (baca: alam semesta) merupakan alam semesta yang tidak bisa diamati (unobservable), sedang bagian depan, di mana bumi dan seluruh sistem tata surya berada merupakan alam semesta yang masih mungkin untuk diamati (observable).
Israfil selalu memegang terompet suci yang terletak di bibirnya selama berabad-abad, menunggu perintah dari Allah untuk meniupnya pada hari kiamat. Pada hari itu ia akan turun ke bumi dan berdiri di batu/bukit suci di Jerusalem. Tiupan pertama akan menghancurkan dunia beserta isinya, tiupan kedua akan mematikan para malaikat dan tiupan ketiga akan membangkitkan orang-orang yang telah mati dan mengumpulkan mereka di Padang Mahsyar.
Di dalam kitab Tanbihul Ghofilin Jilid 1 hal. 60 ada sebuah hadits panjang yang menceritakan tentang kejadian kiamat yang pada bagian awalnya sangat menarik untuk dicermati: Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah SAW bersabda :“Ketika Allah telah selesai menjadikan langit dan bumi, Allah menjadikan sangkakala (terompet) dan diserahkan kepada malaikat Israfil, kemudian ia letakkan di mulutnya sambil melihat ke Arsy menantikan bilakah ia diperintah”. Saya bertanya : “Ya Rasulullah apakah sangkakala itu?” Jawab Rasulullah : “Bagaikan tanduk dari cahaya.” Saya tanya : “Bagaimana besarnya?” Jawab Rasulullah : “Sangat besar bulatannya, demi Allah yang mengutusku sebagai Nabi, besar bulatannya itu seluas langit dan bumi, dan akan ditiup hingga tiga kali. Pertama : Nafkhatul faza’ (untuk menakutkan). Kedua : Nafkhatus sa’aq (untuk mematikan). Ketiga: Nafkhatul ba’ats (untuk menghidupkan kembali atau membangkitkan).”
5.       Malaikat Munkar
Munkar adalah malaikat yang menguji iman (bertugas bertanya kepada) orang mati di (alam kubur) kuburan mereka bersama malaikat Nakir.
6.       Malaikat Nakir
Malaikat Munkar dan Nakir dalam Islam adalah 2 (dua) malaikat yang bertugas bertanya kepada menguji iman orang mati di (alam kubur) kuburan mereka. Banyak Muslim percaya bahwa, setelah kematian, jiwa seseorang melewati alam bernama Barzakh (alam kubur), di mana ia ada dikuburan (bahkan jika tubuh orang tersebut dihancurkan, jiwa masih akan beristirahat di bumi di dekat tempat kematian mereka).
7.       Malaikat Raqib
Raqib adalah nama malaikat yang (bertugas mencatat) segala amalan kebaikan kita. Malaikat Raqib biasanya bersama dikaitkan bersama malaikat ‘Atid. (QS. Qaaf:18). Contoh ketika kita melakukan salat, maka akan dicatat malaikat Raqib.
Dari Anas r.a., dari Nabi s.a.w., sabdanya: “Sesungguhnya Allah telah menugaskan dua Malaikat untuk menulis segala apa yang dilakukan atau dituturkan oleh seseorang hamba-Nya (satu di sebelah kanannya dan yang satu lagi di sebelah kirinya); kemudian apabila orang itu mati maka Tuhan perintahkan kedua Malaikat itu dengan firman-Nya: “Hendaklah kamu berdua tinggal tetap di kubur hamba-Ku itu serta hendaklah kamu mengucap tasbih, tahmid dan takbir hingga ke hari qiamat dan hendaklah kamu menulis pahalanya untuk hamba-Ku itu.” (HR. Abu al-Syeikh dan Tabrani)
8.       Malaikat ‘Atid
‘Atid adalah nama malaikat yang (bertugas mencatat) segala amalan keburukan kita. Contoh ketika kita menyontek, maka akan dicatat oleh malaikat ‘Atid.Kedua malaikat ini (Raqib dan ‘Atid) sangat jujur dan tak pernah bermaksiat kepada Allah. Mencatat apa adanya, (yang baik tetap baik). Baik ya baik, yang buruk tetap buruk. Mereka tidak ditugaskan untuk mengolah, menganalisis, menyimpulkan apalagi menjatuhkan vonis. Mereka hanya menyetor data. Soal keputusannya, semata di tangan Allah SWT
9.       Malaikat Malik
Malaikat Malik disebut dalam QS. Az-Zukhruf (43) :77:
Artinya : “Dan mereka berseru, “Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhan-mu mematikan kami saja.” Dia menjawab, “Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).” (QS. Az-Zukhruf (43) :77 )
Dari (ayat di atas) sini difahami, bahwa Malik adalah pemimpin malaikat yang bertugas di neraka. Kepemimpinannya difahami karena dalam ayat lain disebutkan adanya sembilan belas penjaga neraka. Perhatikan QS. Al-Mudatsir 74:30 berikut ini :
Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga)”. (QS. Al-Mudatsir 74:30)
10.    Malaikat Ridwan
Ridwan adalah malaikat penjaga surga. (Malaikat Ridlwan adalah malaikat yang bertugas menjaga atau mengawasi surga dan menyambut semua hamba Allah yang akan masuk surga sebagai balasan atas ketaatan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
Artinya : ”dan (di hari itu) didekatkanlah surga kepada orang-orang yang bertakwa”. (QS. As Syu’ara : 90).
Labels: RPP

Thanks for reading KD. 4 IMAN KEPADA MALAIKAT. Please share...!

0 Comment for "KD. 4 IMAN KEPADA MALAIKAT"

Back To Top