[guruvisi.com] Salam
pendidikan, Salam Visi, Salah satu perangkat mengajar dalam Buku Kerja 2 Guru adalah menyiapkan Program Tahunan. Setelah sebelumnya di Buku Kerja 1 menyiapkan Silabus untuk itu guruvisi.com mencoba berbagi silabus pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Semoga bermanfaat.
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Satuan Pendidikan : SMA Negeri.....
Kelas / Semester : X (Sepuluh)
Tahun Pelajaran : 2018/ 2019
Komptensi Inti :
·
KI-1:Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
|
16 JP
|
2.1 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10
dan 12 serta Hadis terkait.
|
||
3.1 Menganalisis
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
|
||
4.1.1 Membaca
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.
4.1.3 Menyajikan
hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait.
|
||
1
|
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama.
|
16 JP
|
2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina
sebagai pengamalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur /24: 2, serta Hadis
terkait.
|
||
3.2 Menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24 : 2,
serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
||
4.2.1 Membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24:2 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S.
an-Nur/24:2 dengan fasihdan lancar.
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai
kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a
sabila) sesuai pesan Q.S. al-Isra’/17: 32 dan Q.S. an-Nur/24:2.
|
||
1
|
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha
Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
|
16 JP
|
2.3 Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Karim,
Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
|
||
3.3 Menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
||
4.3 Menyajikan hubungan makna- makna al-Asma’u
al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan
al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal
dan perilaku adil
|
||
1
|
1.4 Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.
|
12 JP
|
2.4 Menunjukkan
sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
|
||
3.4 Menganalisis
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
|
||
4.4 Menyajikan
hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan perilaku
teliti, disiplin, dan waspada.
|
||
1
|
1.5 Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
16 JP
|
2.5 Menunjukkan perilaku berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
||
3.5 Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
|
||
4.5 Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam
|
||
Jam cadangan
|
12 JP
|
|
2
|
1.6 Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
|
12 JP
|
2.6 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
||
3.6 Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
||
4.6 Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari dengan keimanan
|
||
2
|
1.7 Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya.
|
8 JP
|
2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman
Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadis terkait.
|
||
3.7 Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan
menyampaikannya kepada sesama.
|
||
4.7 Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban
membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 Adan Hadis terkait.
|
||
2
|
1.8 Meyakini al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
12 JP
|
2.8 Menunjukkan perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai implemantasi
pemahaman terhadap kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber
hukum Islam
|
||
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum
Islam
|
||
4.8 Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam
|
||
2
|
1.9 Meyakini
bahwa haji, zakat dan wakaf adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan
bagi individu dan masyarakat.
|
12 JP
|
2.9 Menunjukkan
kepedulian sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf.
|
||
3.9 Menganalisis
hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi individu dan masyarakat.
|
||
4.9 Menyimulasikan
ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
||
2
|
1.10 Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah.
|
12 JP
|
2.10 Bersikap tangguh
dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi
dakwah Nabi di Makkah.
|
||
3.10 Menganalisis
substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di
Makkah.
|
||
4.10 Menyajikan
keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw di Makkah
|
||
2
|
1.11 Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah.
|
12 JP
|
2.11 Menunjukkan
sikap semangat ukhuwah dan kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi
dakwah Nabi di Madinah.
|
||
3.11 Menganalisis
substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah.
|
||
4.11 Menyajikan
keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw di Madinah
|
||
Jam Cadangan
|
12 JP
|
Dabo
Singkep, 24 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMA Negeri ............................ Guru
Mata Pelajaran
...........................................................
.............................................................
..........................................................
.............................................................
Jika ingin πfile silabus berbentuk microsoft word silahkan π³klik tombol download dibawah ini ππππππππππππππ
Labels:
Buku Kerja 2
Thanks for reading Program Tahunan PAI X SMA 2018/2019. Please share...!
0 Comment for "Program Tahunan PAI X SMA 2018/2019"